Minggu, 31 Maret 2013

Studi Kelayakan Bisnis


LAPORAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
CYBER CAFE “BEBAS GALAU”
DOSEN PENGAMPU : Hesti Budiwati,SE. MM


Di susun oleh:
Manajemen A/ TK IV

 Dona Riwuta Yolanda (2912806)
 Yahya Dwi Laksono (2912846)
                    


SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
WIDYA GAMA
LUMAJANG
Jl. Gatot Subroto No.4 telp (0334) 881924 Lumajang – 67352



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Menjamurnya akses internet pada era sekarang tidak dipungkiri karena tuntutan daripada mobilitas masyarakat yang semakin cepat. Masyarakat membutuhkan akses internet yang cepat, stabil dan tentunya murah. Berbagai sarana akses internet telah banyak dijumpai selain instalasi dirumah melalui jaringan telepon rumah yang diotorisasi PT. TELKOM (Persero), diantaranya Hot Spot area, Warnet, dan Modem GSM maupun CDMA.
Akan tetapi mahalnya piranti komputer/ laptop/ netbook menjadi persoalaan bagi sebagian masyarakat yang tetap memerlukan akses internet untuk menyelesaikan pekerjaan maupun aktifitas mereka yang lain. Maka Warung Internet (warnet) lah yang dirasa memadai untuk mengatasi persoalan tersebut. Dengan sarana warnet masyarakat tidak perlu kuatir mendapatkan koneksi internet yang mereka butuhkan serta tidak mengharuskan seseorang untuk membeli piranti komputer plus biaya jaringan internet yang cukup mahal.
Saat seseorang menggunakan fasilitas layanan warnet hanya perlu membayar biaya tarif yang ditentukan oleh pemilik warnet tersebut. Dengan biaya yang cukup murah seseorang akan mendapatkan beragam layanan yang ditawarkan oleh warnet yang mereka kunjungi. Tingggal datang, duduk, meng-ON kan komputer mereka langsung menikmati brwosing, downloading, chatting dan lain sebagainya. Apalagi jika warnet tersebut memberikan pelayanan fasilitas tambahan seperti mini cafe, on-line game center, smoking area, lapangan parkir yang aman kondusif serta fasilitas lainnya yang sangat berkelas dan modern tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi si pemilik warnet tersebut.
Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki daya pikir kritis, melihat situasi pangsa pasar yang cukup besar, kami merasa peluang untuk merintis usaha warnet cukup terbuka lebar.


B.   Gambaran Umum Usaha
Persaingan dalam bisnis warnet memang sudah kompetitif. Banyak sekali kita jumpai beberapa warnet di kota Lumajang, baik dalam skala besar maupun kecil. Untuk dapat bersaing dalam usaha yang sama, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pemilihan segmen yang tepat, potensial dan belum banyak digarap oleh pihak lain, kemudian menawarkan beberapa keunggulan dan nilai lebih bagi konsumen yang menjadi segmen usaha kami.
Maka dari itu kami memulai bisnis warnet dengan konsep dan desain modern yang memberikan layanan berkelas, modern dan memuaskan para konsumen.
Serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengaruh internet dalam menunjang aktifitas sehari-hari karena usaha yang kami rintis berada pada cakupan bidang sarana telekomunikasi, informasi dan komputerisasi.

Nama Usaha            : CYBER CAFE “BEBAS GALAU”
Jenis Usaha              : Pelayanan akses internet kepada masyarakat
Owner                      : Dona Riwuta Yolanda
                                   Nanik Novitawati
                                   Susilowati Agustina
                                   Basmal Haditya
                                   Nurfaizah
                                   Galuh Harni Hapsari
                                   Refania Adi Febriantin
                                   Yahya Dwi Laksono
Alamat                     : Jl. Brigjen Slamet Riyadi, 100. Lumajang
Telp                          : (0334) 888114

C.   Legalitas Usaha
Dalam menjalakan usaha ini kami tidak ingin usaha kami ini bersifat sedikit “ilegal” karena tidak memiliki kelengkapan administrasi pada umumnya. Maka usaha warnet kami ini kami lengkapi pula dengan beberapa bukti validasi kepemilikan dan keabsahan usaha, diantaranya:

1.      Sertifikat hak milik tanah atas nama Galuh Harni Hapsari
2.      SITU dan SIUP
3.      TDP
4.       IMB
5.      NPWP
Serta pendekatan verbal dengan beberapa tokoh masyarakat setempat seperti ketua RT/RW, Lurah dan tokoh agama pada lingkungan sekitar tempat usaha kami.

D.   Struktur Organisasi

KETERANGAN:
1.      Stakeholder, adalah para pemegang saham daripada CYBER CAFE “BEBAS GALAU”
yaitu kami bertujuh, peran kami dalam posisi ini adalah sebagai penyandang dana terbesar atas kelangsungan usaha warnet ini serta mendireksi konsep-konsep fasilitas yang akan kami berikan kepada konsumen,
2.      General Manager, satu orang bertugas untuk menjalankan aturan main dalam bekerja sesuai dengan konsep yang diterapkan oleh stakeholder kepada seluruh divisi dan seluruh karyawan yang lainnya. Mengkoreksi laporan keuangan dan mengatasi komplain layanan dari konsumen melalui semua divisi dan pegawai.
3.      Finance and Market Division, satu orang dengan dua pekerjaan rangkap sebagai pencatat pembukuan dan memproyeksikan pemasaran usaha warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU”.
4.      Technic and Operational Division, merupakan pegawai yang bertugas pada bagian instalasi jaringan, reparasi alat, dan yang berkaitan dengan koneksi-internet dan kinerja komputer. Juga sebagai operator warnet. Divisi ini kami merekrut 2 orang.
5.      Cookie, atau koki untuk satu kursi kosong pada jajaran pegawai CYBER CAFE ”BEBAS GALAU”. Bertugas membuat sajian istimewa pada mini cafe warnet kami.
6.      Crew and Scurity, 2 orang pegawai umum sebagai 1 orang cleaning service, 1 orang sebagai pelayan pada mini cafe. Dan 1 orang petugas keamanan dan parkir.





















BAB II
ASPEK PEMASARAN
A.   Segmentasi, Targeting dan Positioning
*   Segmentasi
Yang menjadi segmen dari warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU” seluruh lapisan sosial ekonomi masyarakat (atas, menengah dan bawah).
*   Targetting
Yang menjadi target market utama adalah  para pelajar dan mahasiswa, para kawula muda yang menjadikan akses internet sebagai gaya hidup, dan karyawan pada beberapa perusahaan di kota Lumajang.
*   Positioning
Kami ingin mewujudkan impian untuk menciptakan bisnis warnet dengan berbagai pelayanan berkelas, modern dan memuaskan konsumen, dengan harga yang terjangkau untuk seluruh kalangan.

B. Permintaan
Perkembangan teknologi selalu berdampak pada aktifitas masyarakat. Kalau kita cermati dimana-mana semua orang pasti selalu membutuhkan akses internet, minimal untuk berselancar pada jejaring sosial maupun sekedar browsing untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, sementara bertolak belakang dengan persoalan daya beli mereka terhadap perangkat komputer dan biaya koneksi internet. Dari sini dapat kita lihat permintaan dari sebagian besar orang untuk mendapatkan hubungan internet secara cepat, stabil dan murah. Terlebih ditunjang dengan fasilitas-fasilitas lengkap lainnya.

C.   Penawaran
CYBER CAFE ”BEBAS GALAU” menawarkan sarana akses internet cepat, stabil dan murah, dilengkapi berbagai fasilitas lain yang menunjang kenyamanan dan  kepuasan pelanggan. Dan kedepannya selalu mengikuti perkembangan teknologi supaya menjaga kualitas pelayanan tetap berkelas, berbeda, dan memuaskan konsumen.
D.   Program Pemasaran
*   Tingkat pelayanan
Dalam menjalankan usaha warnet ini kami memberikan layanan yang benar-benar memuaskan melalui fasilitas diantaranya,
o   Menggunakan piranti terbaru dengan spesifikasi terbaik dan selalu update untuk beberapa periode dan menyesuaikan kondisi keuangan
o   Memberikan akses internet yang cepat dan satbil, sehingga pelanggan tidak merasa kecewa mengunjungi warnet kami
o   Desain atau layout warnet kita konsep semodern mungkin, untuk menambah daya tarik konsumen.
o   Fasilitas tambahan seperti mini cafe dengan sajian olahan istimewa dari koki handal di kota Lumajang, on-line game center dengan koleksi game yang up to date, musholla, smoking area, toilet, tempat parkir yang luas, aman, dan kondusif.
o   Buka setiap hari: Senin - Jumat pukul 08.00 – 24.00 WIB
                              Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 03.00 WIB
o   Penanganan yang ramah dari pegawai kami atas komplain yang disampaikan.
*   Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
Harga:       @jam = Rp 3.000,00                   3 jam = Rp 8.000,00
                 2 jam = Rp 5.000,00
                 Paket 5 jam = Rp 10.000,00 *)
                 Paket 7 jam = Rp 12.000,00 *)
*)  = berlaku 24 jam, tidak ada shift di atas jam sekian atau tengah malam.
Harga makanan mini cafe terlampir pada daftar menu.
*   Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media masa cetak, leaflet dan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun radio lokal, maupun sebagai sponsor kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah/swasta.


















BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASIONAL
A.   Rencana Pengembangan
*   Evaluasi lokasi
Lokasi yang kami pilih untuk menjalankan usaha warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU” terletak di jalan Brigjen Slamet Riyadi. No 100. Lumajang.
Tanah dan bangunan milik sendiri.
*   Sarana dan prasarana
Sarana yang kami gunakan  untuk menjalankan warnet ini adalah dengan menggunakan:
1.      Monitor LCD 17 inch merk LG 40 unit
2.      CPU
3.      Keyboard
4.      Mouse
5.      Headset
6.      41 Set meja kursi komputer merk Comforta type modern wood + 40 sekat yang didesain modern khusus warnet
7.      Loudspaker 2 set @3 buah
8.      Kamera CCTV 4 unit
9.       AC 2 unit
10.   Genset merk Toyota 1 unit
*   Sedangkan prasarana yang kami gunakan adalah bangunan seluas 10 X 15 m (±150 m²), diatas tanah seluas 15 X 15 m.
*   Kualifikasi pengawai
Pegawai yang kami rekrut untuk menjalankan warnet ini disesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan yang kami tetapkan. Untuk semua divisi dan General Manager haruslah pegawai yang memiliki keterampilan, pengalaman, dan -sesuai dengan pendidikan yang pernah ditempuh. Untuk pegawai umum (crew) dan petugas keamanan cukup memiliki kepribadian diri yang baik, pekerja keras dan disiplin, sehingga tidak terlalu diperlukan kualifikasi tertentu dalam perekrutan
*      Bangunan dan layout.
Berkaitan dengan bangunan dan layout (interior), CYBER CAFE “BEBAS GALAU” didirikan di atas tanah seluas 225m² dimana, dengan luas bangunan?gedung yang akan dipakai warnet seluas 150m², 25m² untuk outdoor mini cafe, dan sisanya dipakai sebagai halaman parkir dan taman hiasan. Bentuk bangunan berupa 2 ruangan, dengan konsep bangunan modern minimalis dengan berkiblat arsitektur korea. Tata letak pada ruangan 1, Mini cafe, warnet 20 set dengan smoking area, toilet, meja operator (technic and operational division), pada beranda dan halaman dipakai untuk outdoor mini cafe. Sementara pada ruangan  2 adalah ruangan warnet 20 set full AC, toilet, musholla, ruang  finance and market division dan general manager, serta ruang meeting komisaris.
*   Jadwal pelaksanaan
Gedung warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU” akan mulai direnovasi pada tanggal 10 Januari 2013 dan diperkirakan selesai pada tanggal 10 Februari 2013, kami tidak perlu membangun dari awal karena sudah ada bangunan lama dan tinggal direnovasi dan didesain ulang. Pada tanggal 14 Februari 2013 CYBER CAFE “BEBAS GALAU” resmi dilaunching kepada masyarakat.

B.   Rencana Pengoperasian Usaha
*   Operasional warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU” meliputi pelayanan browsing, chatting, downloading, scanning, printting, editing + layout, on-line game, dan mini cafe. Disamping itu ada beberapa point operasional dalam kontinuitas warnet, diantaraya rencana persediaan dan perawatan perangkat komputer, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas layanan, dan pengawasan biaya perawatan, pembaruan dan promosi warnet.
*   Kebutuhan operasioanal
Kebutuhan operasional warnet dikelola oleh masing-masing divisi dan nantinya dikoordinasikan dengan pimpinan mengenai kebutuhan operasional yang meliputi perawatan, pembaruan, penambahan perlengkapan, dan pemasaran (promosi).
*   Perawatan perangkat.
Pada kegiatan perawatan perangkat kami telah mempercayakan kepada Technic and Operational Division yang telah kami rekrut sesuai dengan keterampilan mereka. Tak hanya perawatan, pembaruan/ up date perangkat keras maupun lunak juga menjadi tangung jawab divisi ini.

























BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A.   Kebutuhan Dana Investasi
*   Biaya pra operasional
Biaya pra operasional mencapai Rp 850.000.000  yang digunakan untuk sewa tanah dan gedung serta kelengkapan legalitas perusahaan.
*   Modal kerja
Modal kerja digunakan untuk membiayai asset tetap lainnya mencapai Rp 270.410.000
*   Total kebutuhan dana investasi = 1.120.410.000

B.    Sumber Modal
*   Modal sendiri senilai Rp 1,2 M
*   Pinjaman Bank senilai Rp -

C.   Rencana Pembelanjaan dan Kebutuhan
*      Aktiva tetap  Rp   1.120.410.000
*      Aktiva lancar Rp        81.590.000

D.   Proyeksi Keuangan
Aktiva tetap
*      Tanah dan gedung                                                              =Rp  850.000.000
*      Biaya renovasi gedung                                                        =RP     10.000.000
*      1 Set computer kusus game          @RP 5.200.000 X 20     = RP 104.000.000
*      1 Set computer biasa                    @RP 4.000.000 X 20     = RP   80.000.000
*      Genset                                                                                 = Rp     1.500.000
*      Kamera cctv                                  @RP 2.000.000 X 4       = RP     8.000.000
*      AC                                                  @RP 4.000.000 X 2       = RP     8.000.000
*      Kabel lan /m                                  @RP 7000 x 30             = RP        210.000
*      Rooter                                                                                 =RP         300.000
*      Printer                                                                                 =Rp         800.000
*      Kabel rol                                                                              =Rp         200.000
*      Perlengkapan café                                                              =Rp   10.000.000
*      1 unit telpon rumah                                                            = Rp        200.000
*      1 unit lemari es                                                                   = Rp     1.700.000


*      1 set meja + kursi modern
 kusus internet                               @ Rp 1.000.000 X 41     = Rp      41.000.000
*      4 meja + 8 kursi café                                                          = Rp         2.500.000
*      1 almari susun                                                                    = Rp         1.000.000
*      Inventaris dapur cafe                                                          = RP         1.000.000
                     Jumlah asset tetap                                                                                = RP 1.120.410.000

          Ativa lancar
*      Kas                                                                                       = Rp 79.590.000
*      Café                                                                                     = Rp   2.000.000
Jumlah asset lancar                                                            = Rp 81.590.000

Biaya operasional perbulan

*      Speedy quota paket internet                                              = Rp  1.200.000
*      Listrik                                                                                   = Rp  5.400.000
*      Air                                                                                       = Rp      500.000
*      Perlengkapan                                                                      = Rp      300.000
*      Gaji PIC                                                                               = Rp   1.500.000
*      Gaji karyawan                               @Rp 600.000                = Rp   3.000.000
*      Telpon                                                                                 = Rp         50.000
*      Biaya tak terduga                                                               = Rp   2.000.000
*      Biaya sewa gedung                                                             = Rp   1.000.000
*      Biaya penyusutan = Harga perolehan- nilai sisa / umur ekonomis
Kom kusus game  = 5200.000 – 4600.000 / 12 bln = 50.000
Kom biasa              = 4000.000 – 3520.000 / 12 bln = 40.000
Biaya penyusutan seluruh computer /bln                          = Rp   1.800.000

Total                                                                                    =Rp  16.750.000


Estimasi keuntungan perbulan

             Warnet
*      Senin- Jum’at  08.00-24.00 wib
waktu max 16 jam per unit komputer
per jam = terpakai 4 kali x 3000                 =Rp 12.000
2     jam = terpakai 5 kali x 5000                =Rp 25.000
3     jam = terpakai 3 kali x 8000                =Rp 24.000
5     jam = terpakai 1 kali x 10.000                                     =Rp 10.000
7     jam = terpakai 1 kali x 12.000                                     =Rp 12.000
Pendapatan /hari untuk 1 unit computer   =Rp 83.000
Pendapatan /hari warnet                            =Rp 83.000 x 20 unit = 1.660.000
Pendapatan /bulan warnet                         =Rp 1.660.000 x 22 hari                                 = 36.520.000 /bulan

*      Sabtu-minggu 08.00-03.00 wib
Waktu max 20 jam per unit computer
Per jam = terpakai 4 kali x 3000                 =Rp 12.000
2     jam = terpakai 6 kali x 5000                =Rp 30.000
3     jam = terpakai 6 kali x 8000                =Rp 48.000
5     jam = terpakai 1 kali x 10.000                                     =Rp 10.000
7     jam = terpakai 1 kali x 12.000                                     =Rp 12.000

Pendapatan /hari untuk 1 unit computer   =Rp 112.000
                   Pendapatan /hari warnet             =Rp 112.000 x 30 unit =Rp3.360.000
                   Pendapatan /bulan                       =Rp 3.360.000 x 8 hari
                                                                         =Rp26.880.000 /bulan
*      Pendapatan warnet / bulan untuk keseluruhan hari
36.520.000 + 26.880.000 = Rp 63.400.000
*      Pendapatan Warnet /tahun 63.400.000 x 12 bulan =Rp 760.800.000

Café
*      Pendapatan perbulan RP 6.000.000
Pendapatan bersih/bln = pendapatan/bln – biaya operasional
                                      6.000.000 – 2.000.000 = Rp 4.000.000
*      Pendapatan bersih pertahun RP 4.000.000 x 12 = Rp4.800.000

Estimasi pendapatan warnet + café perbulan
63.400.000 + 4.000.000 = Rp 67.400.000               

Dengan demikian jumlah keseluruhan modal yang kami gunakan untuk usaha ini sebesar Rp 1.200.000.000
Untuk mencapai BEP dibutuhkan waktu 23-24 bulan
Dengan perhitungan Pendapatan perbulan - biaya operasional x 24 bulan
 67.400.000 – 16.750.000 =Rp 50.650.000 x 24 bulan = Rp 1.215.600.000




     










BAB V
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A.   Profitabilitas Bagi Perusahaan
Bisnis warnet ini didirikan atas dasar pencapaian laba semaksimal mungkin, karena dalam memulai usaha ini tidak sedikit biaya maupun tenaga yang diinvestasikan demi terwujudnya warnet CYBER CAFE “BEBAS GALAU” dengan beragam layanan yang ditawarkan.

B.   Penyerapan Tenaga Kerja
Bisnis ini memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitar dengan menyerap beberapa pegawai pada usia produktif dan mengurangi budaya pengangguran.

C.   Edukasi
Selain mencari keuntungan secara materi, kami secara tidak langsung juga ingin berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat dengan mengnalkan dunia maya (internet) secara sehat dan positif, dengan demikian diharapkan pola pikir masyarakat juga tidak tertinggal dengan pesatnya arus teknologi.

D.   Dampak Terhadap Usaha Sejenis
Bagi usaha yang sejenis tentunya akan menciptakan suasanan persaingan yang semakin meluas dan kompetitif. Berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen/ pelanggan dengan beragam fasilitas-fasilitas yang dimiliki masing-masing warnet. Serta meramaikan kemajuan dunia IT di kota Lumajang.





BAB VI
ANALISIS SWOT

STRENGTH (KEKUATAN)
Menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi terbaru dan selalu up to date
Menawarkan koneksi internet yang cepat dan stabil, sehingga pengunjung tidak merasa “galau” karena koneksi internet yang ngadat.
Layout gedung yang modern dan berkelas sehingga memiliki nilai jual dan daya tarik yang tinggi
Fasilitas tambahan yang jarang pada warnet lain seperti, mini cafe, smoking area, musholla, halaman parkir yang aman dan kondusif
Pelayanan yang ramah dari seluruh pegawai kami demi kepuasan pengunjung.


                                             WEAKNESS (KELEMAHAN)
Karena software yang kami pakai selalu up to date dikuatirkan masih ada user yang kesulitan mengoperasikan
Dengan konsep berkelas, takut para pengunjung mengira bahwa warnet kami adalah untuk kaum sosialita dan menengah ke atas
Mini cafe diperkirakan sedikit “sepi” karena kebanyakan orang datang ke warnet hanya untuk memanfaatkan akses internet, bukan untuk jajan
Menelan biaya yang sangat besar untuk merealisasikan bisnis warnet ini
Terlalu banyak stakeholder sehinnga cukup susah dalam pengambilan keputusan maupun evaluasi operasi usaha.




OPPORTUNITY (PELUANG)
Bersaing secara sehat untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya
Memberikan kesempatan kepada investor untuk ekspansi usaha
Terdapat beragam layananan dan kualitas yang prima
Membantu mencerdaskan masyarakat tentang dunia internet
Menjadi satu-satunya warnet terkemuka dengan fasilitas yang jarang ditemui pada warnet lain


THREAT (ANCAMAN)
Persaingan yang semakin besar dan luas dari usaha sejenis
Menjadi base camp para peretas/ hacker yang kebiasaannya menginginkan akses internet yang super cepat
Gangguan keamanan dari luar, seperti pencurian, penjarahan maupun aksi anarkisme preman maupun geng motor
Keluhan orangtua apabila ada anak-anak yang bermain game on-line yang tidak bisa membagi waktu
Merosotnya proyeksi keuangan akibat dari hal-hal yang tak terduga.
                                                                                     








BAB VII
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Dari analisis bebrapa aspek, ternyata membuka bisnis warnet mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika ada support positif dari berbagai kalangan masyarakat akan bisnis yang kami jalankan, yang juga turut memberikan andil positif bagi masyarakat, karena dengan semakin canggihnya teknologi aktifitas manusia juga semakin mudah. Semacam timbal balik sangat kami harapkan agar usaha ini bisa tetap berkelanjutan
Disamping itu konsep yang kami terapkan masih belum terlalu kompetitif, maka kondisi tersebut memberikan peluang yang baik serta memberikan rasa optimis bagi kami untuk terus menjalankan usaha ini.

B.   Saran
Demi menjaga kualitas pelayanan yang bagus, hendaknya agar selalu meperhatikan kondisi sekitar. Jangan pernah ragu untuk berinovasi dan berkreasi, menunjukkan semangat persaingan yang sehat. Menciptakan usaha baru perlu adanya tekat yang kuat dan keyakinan.
Lakukan pendekatan dengan konsumen tentang hal-hal apa yang mereka butuhkan, sehinnga kita bisa membantu mereka. Pengunjung adalah raja, perlakukan dengan ramah dan santun.







LAMPIRAN
Daftar Menu Mini Cafe “BEBAS GALAU”
Makanan:
*   Mie Angkara Murka              Rp 3.500,-
*   Mie Angkara Murka + virus  Rp 5.000,-
*   Mie Ranu Pani                                    Rp 3.500,-
*   Telor Lipat Setrika                 Rp 3.500,-
*   Krikil Kanji isi Ayam @butir  Rp     500,-
*   Krikil Kanji isi Sapi @butir    Rp 1.000,-
*   NaBung Pertama                   Rp 3.000,-
*   NaBung Lanjutan                   Rp 4.000,-

Minuman:
Adem-adem
*      Es Jeruk Adem                        Rp 2.000
*      Es Teh Adem                          Rp 2.000
*      Aneka Buah dalam Pusaran RP 3.000
*      Aneka Minuman Blukuthuq
Dalam botol                           Rp 4.000
Dalam kaleng                         Rp 6.000
*   Air Mineral                             FREE
Anget-anget
*   Kopi Panas-panas                  Rp 1.500
*   Teh Anget                               Rp 1.500
*   Sari Jahe tapi Anget              Rp 2.000
*   Susu Sehat Anget                  Rp 2.000
*   Kopi Susu Manual                  Rp 2.000
*   Kopi Susu Matic
(varian kemasan)                   Rp 2.000
*   Jeruk Keringat                                    Rp 1.500

2 komentar:

  1. csino - Casino | Slots | Shootercasino.com
    csino.com Our team at Shootercasino are looking to show you how to matchpoint improve their online casino 카지노 experience with the latest Slots and Casino Games bk8 available

    BalasHapus
  2. Gambling in casino: Why you should be wary of casino gambling
    It's 강원도 출장마사지 a very common casino game to find that there are no gambling venues at the 서귀포 출장샵 most 서울특별 출장마사지 popular casino of all 출장마사지 time. 나주 출장샵 There's always a good chance

    BalasHapus